Oleh: hendrainfo | Januari 23, 2010

Cara Sederhana Proteksi Dari NetCut

Masih ingat dengan NetCut dari arcai.com? Seringkali tools ini menjadi problem bagi admin terlebih lagi admin jaringan wireless.

Sebagai pengguna, kita juga terkadang dirugikan oleh orang lain yang menggunakan tools ini. Misalnya kita pergi ke sebuah area hotspot, kemudian ada user lain yang menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan block terhadap koneksi kita.

Cara sederhana untuk melindungi anda dari tools ini adalah dengan mematikan (disable) ARP Client pada Linux box anda selama melakukan koneksi. Caranya adalah dengan mengetikan perintah dibawah ini pada terminal:

$ sudo ifconfig <eth_device> -arp

contoh:

$ sudo ifconfig wlan0 -arp

Tapi perlu diingat, lakukan hal tersebut setelah anda terhubung ke gateway. Karena jika tidak, malahan anda dengan sendirinya tidak akan terhubung karena sistem anda tidak dapat membaca ARP Table tersebut.

Untuk kembali mengaktifkan (enable) ARP Client anda, ketikan perintah:

$ sudo ifconfig <eth_device> arp

contoh:

$ sudo ifconfig wlan0 arp

anda hanya perlu hilangkan tanda minus (“-“) pada parameter arp untuk kembali mengaktifkan ARP Client pada Linux box anda.

Cara lebih mudah adalah dengan menggunakan aplikasi serupa NetCut untuk Linux, yaitu TuxCut.

Dengan cara kerja yang sama seperti NetCut, tools ini sebenarnya seperti halnya pisau bermata dua. Tergantung siapa yang menggunakannya :D

Untuk melakukan proteksi ARP pada Linux box anda, yang perlu anda lakukan hanyalah mengaktifkan centang “Protect Me” pada TuxCut.

Menurut saya aplikasi TuxCut lebih “fair” karena jika kita ingin melakukan block pada client yang lain, maka anda berada dalam state tidak terproteksi. Dan jika anda mengaktifkan proteksi, maka anda juga tidak dapat melakukan block terhadap client lain.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: