Oleh: hendrainfo | Mei 14, 2009

Ngurus KTP di Kecamatan Rappocini Makassar

Siang pukul 02.30,

Ditemani istri saya pergi ke kantor camat buat ngurus KTP domisili, setelah beberapa hari bergelut dengan administrasi di tingkat lurah untuk melengkapi administrasi KTP.

Ketika masuk ke kantor camat saya di persilahkan untuk langsung masuk ke bagian pembuatan KTP, di dalam saya menyodorkan seberkas Map File kelengkapan administrasi KTP. pegawai kecamatan langsung membuka dan melihat-lihat kelengkapan tersebut dan tiba-tiba berkata “maaf pak, administrasi istri bapak belum lengkap, ada satu form yang belum di tanda tangani oleh pejabat lurah, sementara milik bapak sudah lengkap semua”, lalu saya tanya “lho itu berkas istri saya mbak, dia itu kan hanya memperpanjang saja KTP yang sudah Out of Date, dan informasi yang saya dapat dari kantor lurah nggak perlu pake tanda tangan pejabat lurah” dengan nada memelas.

Trus si mbak tetap ngotot “Pak, aturan baru sudah beda, mau ngurus KTP baru kek, mau memperpanjang kek, tetap harus ada tanda tangan pejabat lurah…..Gubrakkhhh”

Akhirya dengan nada kecewa saya berpaling dan memberitahu istri kalau berkasnya belum lengkap. Ummi…besok aja yah Abi ke kantor lurah untuk minta tanda tangan pejabat lurah, biar hari ini KTP Abi saja yang diproses, soalnya kelengkapan KTP ku sudah lengkap semua”.

Jadinya, sendirian aja saya ngurus.

kemudian selang beberapa saat saya pun diminta masuk ke ruang sebelah untuk pengambilan foto. Sempat ngantri sih karena di dalam sudah ada sekitar 8 orang. pas giliran saya…klikkk….foto dah selesai, nah tiba-tiba si tukang foto minta duit Rp. 25.000 sebagai biaya administrasi.

Saya heran koq masih ada biaya administrasi KTP, lha kata walikota terpilih ketika kampanye biaya pembuatan KTP akan dihilangkan, tapi koq masih diberlakukan yah ? dalam hati saya pikir ini pasti PUNGLI (Pungutan Liar), terpaksa saya bayar dan segera berlalu ke luar ruangan dengan sikap jengkel sambl menggandeng istri tercinta…Huffff….

Kenapa birokrasi di negriku sangat berbeit-belit, padahal kami ini Warga negara indonesia yang original, orang gak bakal percaya kalau saya mengaku-ngaku orang china, amerika atau arab. So….masa legalisasi kependudukan aja repotnya minta amfyunnn !!!


Responses

  1. tes


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: