Oleh: hendrainfo | Juni 21, 2009

Mengapa Harus Joomla ?

joomla logo vert colorAda beberapa teman yang heran saat melihat portofolio web project saya yang menggunakan Joomla. Teman-teman pelaku SEO ini bertanya: Kenapa Joomla? Kenapa tidak Drupal? Kenapa tidak WordPress? Kenapa, kenapa dan kenapa? Sekali bertanya, saya dengan senang hati menjawabnya. Namun ada per seribuan orang yang bertanya begitu jengah juga rasanya. Biar gak capek jawabnya dan lebih berstruktur penjelasannya, tulisan ini muncul di hadapan anda? Suka dengan tulisan ini, silakan beri komentar. Gak suka juga gak papa, gak mama (yatim – piatu, gak punya dua-duanya).

Joomla adalah Framework bukan Blog

Mau nge-blog, katanya, mendingan pake WordPress. Kalau mau punya situs yang full work yah pake Joomla. Jangan dicampur-aduk. Untuk skalabilitas yang lumayan besar dan rumit, Joomla bisa mengambil peran sebagai framework yang diandalkan. Integrasi sistemnya yang massive didesain untuk menangani kerja situs yang rumit.

Bisa sih pake WordPress untuk bikin situs yang ber-Framework besar. Tapi mesti disesuaikan juga integrasi dan fungsinya . Kalau joomla sudah disiapkan integrasinya. Mau bikin web directory sudah disiapkan API-nya. Malah sudah banyak developer dan programmer yang menyediakan mesinnya yang bisa diintegrasikan. Mau bikin situs E-commerce juga sudah bisa diintegrasikan dengan virtue-mart. Segalanya sudah disiapkan. Ukuran menggunakan joomla bagi saya adalah skalabilitas.

Ada juga sih yang maksain Joomla untuk blog karena lebih familiar. Tapi it’s OK. Cuman sayang aja untuk kapasitas hardisk dan resource memory yang terbuang percuma. Tapi ada juga yang maksain wordpress menjadi framework yang kelewatan. Demi mengejar SEO-contest, ada yang nekad bikin e-commerce pake wordpress. Boleh? boleh. Tapi saya aja jadi gak pas.

Sekarang ini setan SEO sudah menjadi ‘tuhan’ kecil bagi adsense hunter, advertise publisher, blogger kalap, dan juragan SEO consultans. Mereka akhirnya menyebarkan mitos yang tidak terbukti parameternya. Demi SEO semua fakta didasarkan pada phrase “katanya si A, dll”. Sehingga parameter logika dan penempatan skala dan fungsi jadi aneh. Gak keruan. Mendingan ‘tuhan’ SEO-nya dilupain dulu deh. Rejeki udah ada yang ngatur. Sekalipun Iblis SEO turun tangan mengatur situs anda, teteup aja, “invisible hand” yang bekerja. Yuk, mari. No hard feeling.

Joomla adalah Open Souce Software

Hare genee masih bayar software!! Dunia selalu terbagi dua. Ada hitam ada yang putih. Ada yang commercial dan (oh terimakasih Tuhan). ada yang gratis (free). Di zaman susah gini, bersedekah saja susahnya minta ampun, apa lagi beli software. Manusia pada dasarnya sudah tercipta sifat freebies. Maunya gratis dan enak aja. Namun Joomla mengikuti itu. Mahluk-mahluk freebies ini harus dilestarikan demi kemaslahatan dunia.

Dengan biaya nol rupiah, Joomla menawarkan CMS yang full power dan Full support. Dengan dukungan mesin PHP dan database MySQL, software CMS ini beredar di muka bumi ini. Dengan licenced GPL anda bebas menggunakan software CMS ini. Tidak ada bumbu razia, apalagi diperas oleh aparat oknum bersenjata. Huhhh, aman gak ada razia software nih.

Bersahabat dengan Pengguna (User Friendly)

Bagi pengguna pemula atau awam (newbie) Joomla didesain untuk 4 (empat) E. Yaitu easy installation, easy managing, easy writing dan easy updating. Masih kurang easy juga, ikuti tutorialnya di sini. Atau baca ebook-nya disini.

Malah di beberapa perusahan ISP/hosting yang menggunakan software control panel seperti CPANEL dan Fantastico, Joomla sudah bisa langsung tinggal klik saja untuk installasinya. Masih gak bisa juga. Beli bukunya untuk belajar Joomla. Atau panteng terus situs ini.

Ribuan template Joomla bertebaran di jagat maya.

Banyak orang yang tidak percaya bahwa banyak situs indah dan bagus menggunakan CMS Joomla. Malah desain template yang super rumit namun super artistik beredar luas di jagat maya ini. Banyak yang tidak percaya bahwa CMS sekelas Joomla bisa didesain begitu sempurna, fantastis, dan mewah.

Joomla mendapat ribuan dukungan dari para webdesigner untuk menghadirkan web Joomla menjadi begitu indah dan luar biasa. Joomla bak perawati yang gemula dan cantik, namun memiliki engine yang luarbiasa. Saya menyebutnya Ferrari untuk mobil. Banyak template mewah dan cantik bertebaran di jagat situs ini. Dari yang gratis,tis,tis (free template) hingga yang berbayar (commercial template). Googling saja dengan keyword ini ” free template Joomla” maka bertebaran template-template gratis yang indah.

Dukungan aplikasi tambahan (Extensions and Plugins)

Joomla memang sempurna. Tak heran banyak sekali dukungan yang diberikan oleh developer dan programmer PHP yang turut membesarkan software gratis ini. Dukungan ini diberikan dalam bentuk pembuatan aplikasi tambahan (extensions and plugins) yang menyempurnakan Joomla.

Contoh yang sederhana adalah aplikasi Plugins Youtube. Dengan aplikasi ini, semua file Youtube bisa diakses di situs Joomla. Cukup dengan memberikan Id-nya, video itu langsung live dari situs berbasis Joomla. Mau menampilan foto-foto anda di flickr di situs Joomla, juga bisa. Pokoknya semua perkembangan internet terbaru di jagat maya bisa langsung dipasangkan (porting) di situs Joomla. Lebih detailnya silakan joomla-walking ke http://extensions.joomla.org.

Standards Compliant dan SEO Friendly

Ketika Joomla didesain, maka semua peraturan/protokol web langsung dicangkokkan dalam engine Joomla. Isu standard compliant dan SEO juga menjadi pertimbangan dalam pengembangan Joomla. Dalam Joomla versi terbaru 1.5.xxx, isu SEO menjadi pertimbangan penting diluncurkannya versi anyar ini (maret 2008).

Masih penasaran dengan Joomla, cobalah beberapa menit saja. Namun bila anda takut ketagihan jangan ikuti saran saya.

Dukungan Komunitas

Saya pernah bermain-main menjelajah ke forum komunitas Joomla di http://forum.joomla.org. Dahsyat dan luarbiasa. Jutaan antrian pesan tanya-jawab mengalir di server ini. Tiap detik selalu saja ada perkembangan thread. Diskusinya ramai dan bising sekali. Saking riuhnya diskusi ini, tiap negara membuat kategori sendiri. Soalnya buat yang minim Englshnya, kasihan nanti dia. Jadi gak mudeng.

Semua persoalan dari mulai bug, installasi, developing, supporting, dan joomla-ing bersahut-sahutan disini. Gak ada matinye. Jadi manfaatkan saja kesempatan ini. Dan jadikan Joomla sebagai pilihan anda.

Disclaimer

Penulis melepas tanggung jawab atas tulisan ini. Tidak ada satupun kebencian yang merasuk di artikel ini. Bila tersinggung dengan artikel ini mari kita diskusikan. Bila kecewa dengan tulisan saya, mohon dikonfirmasi. Penulis merasa bertanggung jawab untuk berdiskusi dengan baik-baik.

Tak ada niatan penulis menghasut anda lewat tulisan ini. Bila anda sakaw atau pakaw dengan Joomla, penulis tidak bertanggung jawab. Andai anda mempunyai website indah dengan CMS Joomla dan anda puas, saya tidak bertanggung jawab atas kehebatan anda. Penulis menyatakan tidak bertanggung jawab bila anda menjadi ketagihan Joomla mulai saat ini. Selamat ber-Joomla ria.

sumber: http://syarifudin.web.id/2008/05/mengapa-joomla-begitu-indah/


Responses

  1. Memang joomla terlalu hebat kalau cuma dijadikan blog

  2. terimakasih mas, sangat bermanfaat

  3. … mohon penjelasannya mas, Joomla, WordPress, atau Blogger itu ibaratnya seperti apa ya? soalnya menurut saya kalau kita mau memasang website tinggal upload aja datanya ke web server tanpa harus melihat itu Joomla ….bla..bla. (sorry pertanyaannya agak detil, soalnya saya belum paham konsepnya ….he..he…he)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: