Oleh: hendrainfo | September 9, 2009

Ayo keluarkan Zakat Fitrah

zakat-givingalmsDalam agama islam kita mengenal dengan adanya zakat fitrah, yakni zakat yang dikeluarkan ketika bulan ramadhan telah berakhir sekitar jam 6 sore sampai sebelum shalat Iedul Fitri.

Adapun besar zakat yang dikeluarkan adalah 1 Sha’, atau sama dengan berat timbangan 2167 gram atau 2,2 kg beras. Akan tetapi para ulama sepakat untuk membulatkan takaran tersebut menjadi 2,5 kg beras untuk menjaga dari kehati-hatian takaran.

Zakat ini diwajibkan bagi mereka yang memiliki kelebihan makanan/beras pada malam idul fitri. tidak ada pengecualian anak-anak maupun orang dewasa.

Seperti halnya di indonesia tahun-tahun belakangan ini sering terjadi perbedaan penetapan hari raya idul fitri, maka para ulama bersepakat bahwa mengeluarkan zakat fitrah tidak apa-apa 2 atau 3 hari sebelum bulan ramadhan berakhir. Atau jika seseorang ingin mengeluarkannya tepat di malam idul fitri, maka zakat tersebut dikeluarkan pada malam dimana keesokan harinya ia telah menetapkan akan melaksanakan idul fitri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: