Oleh: hendrainfo | Januari 22, 2010

Clonezilla, Software Open Source Powerfull Untuk Clonning PC Linux

Logo ClonezillaMemulai tahun ajaran baru di sekolah dan mewujudkan impian memiliki lab komputer berbasis Linux dan FOSS, maka perlu instal Linux dan FOSS serta mengkonfigurasi jaringan didalamnya baik pada server maupun client. Salah satu permasalahannya adalah bagaimana meng-cloning PC Linux? (Maksud saya dengan meng-cloning PC disini adalah meng-cloning harddisk.) Bayangkan seandainya kita diminta untuk menginstal 200 unit komputer berikut sejumlah aplikasi FOSS didalamnya (baik yang disertakan dalam repository distro yang digunakan maupun instal paket sendiri), waktu yang dibutuhkan akan sangat lama bukan? Belum lagi jika ditambahkan dengan konfigurasi pada masing-masing PC tersebut.
Dengan asumsi bahwa hardware pada PC client yang digunakan memiliki spesifikasi yang sama, so sangat memungkinkan untuk meng-cloning semua PC tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Clonezilla.

Clonezilla, sesuai dengan namanya merupakan software open source untuk meng-cloning dan melakukan recovery harddisk (jika sudah dibuat backup-nya dulu lho.. :D ). Software ini bersumber pada distro Debian Live, DRBL, Partition Image, ntfsclone, dan udpcast. Dua tipe Clonezilla yang disediakan adalah Clonezilla live dan Clonezilla server edition. Clonezilla live digunakan untuk clone pada single machine. Sedangkan Clonezilla server edition digunakan untuk meng-clone massal melalui jaringan, dapat digunakan untuk clone 40 komputer lebih secara bersamaan. Berdasar pengalaman saya bersama rekan-rekan ditempat kerja saya selama dua minggu ini menggunakan Clonezilla tersebut (versi Clonezilla Live CD) untuk mengclone PC berbasis Linux yang digunakan di Lab komputer, untuk clone Harddisk sebesar 40 GB yang berisi dual system operasi diperlukan waktu sekitar 10 menit. Dan mengenai ukuran/kapasitas harddisk yang berbeda-beda, tidak menjadi masalah, karena Clonezilla akan otomatis menyesuaikannya. Dan yang menarik lagi kita juga bisa menginstal boot loader (GRUB) jika PC tersebut menggunakan dual booting. Semuanya berjalan mulus, hanya ada sedikit perbedaan pada hasil deteksi interface NIC yang digunakan.

Fitur Clonezilla:

  1. Free (GPL) Software.
  2. Filesystem yang didukung: ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs dari GNU/Linux, dan FAT, NTFS dari MS Windows. Dengan demikian Anda dapat meng-clone GNU/Linux atau MS windows. Untuk file system yang belum didukung, Clonezilla menggunakan dd (sector-to-sector copy). Meski Clonezilla dapat digunakan untuk clone PC yang didalamnya memiliki Windows, tetapi saya sangat tidak menganjurkan untuk melakukannya di lab komputer, karena ini berarti pembajakan software. Hehe.. Karenanya, sengaja saya memberikan judul tulisan ini khusus untuk clonning PC Linux.
  3. LVM versi 2 (LVM versi 1 tidak) dalam GNU/Linux sudah didukung.
  4. Dapat melakukan cloning secara bersamaan menggunakan Clonezilla server edition. Tentu saja client harus mendukung PXE dan Wake-on-LAN dengan boot menggunakan etherboot.
  5. Berbasis dari Partimage, ntfsclone dan dd untuk clone partisi. Oleh karena itu, clonezilla, yang berisi beberapa program, dapat menyimpan dan restore tidak hanya partisi, tetapi seluruh harddisk.
  6. Dengan menggunakan free software drbl-winroll, hostname, group, dan SID dari clone MS windows dapat otomatis ikut serta terdeteksi.

Clonezilla LiveUntuk menggunakan Clonezilla live, silahkan mengunduh softwarenya dari clonezilla.org, tersedia dalam format iso dan zip. Selajutnya burn iso tersebut dalam cd, dan boot PC menggunakan Clonezilla. Saya biasanya memasangkan source harddisk (master untuk clone) di primary master, dan harddisk tujuan di secondary master, sedangkan CDROM di primary slave.

Selamat membangun lab komputer berbasis Linux dan FOSS di sekolah.. :D

Sumber : http://fxekobudi.net/linux/clonezilla-software-open-source-powerfull-untuk-clonning-pc-linux/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: