Oleh: hendrainfo | Februari 5, 2010

Kelemahan Internet Explorer (IE) buatan Microsoft

Detiknet.com memberitakan tentang kelemahan Internet Explorer (IE) besutan microsoft, kelemahan IE memang sudah terdengar sejak beberapa tahun lalu bahkan Google sempat menjadi korban hacking para hacker yang memanfaatkan celah kelemahan IE ini. Berikut ini  hasil Copas dari Detiknet.com

Jakarta – Setelah jadi sorotan karena membuka jalan bagi pembobol infrastruktur Google, Internet Explorer (IE) dilaporkan kembali ‘terluka’. Microsoft pun melakukan penyelidikan.

Luka yang baru terbuka ini bisa menyebabkan kerentanan pada data di hardisk pengguna. Risikonya, data itu bisa menjadi korban aksi pembobolan.

Seperti dikutip detikINET dari AFP, Kamis (4/2/2010), pengguna IE yang rentan terkena dampak itu adalah yang Protected Mode pada sistem operasinya terbuka seperti Windows XP. Sedangkan versi IE yang rentan adalah IE 6, IE 7 dan IE 8.

Namun, risiko tak akan dirasakan pengguna Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 dan Windows Server 2008. Hal ini karena modus terproteksi (Protected Mode) sudah aktif secara default.

Microsoft mengatakan mereka tengah menyelidiki cacat ini dan akan merilis patch-nya sesegera mungkin. Dilansir detikINET dari AFP, Kamis (4/2/2010), para pengguna dianjurkan untuk meng-upgrade OS-nya ke Windows 7 dan browser IE 8.

Sebelumnya, browser IE 6-lah yang memiliki celah dan baru saja ditambal oleh Microsoft. Celah tersebut dimanfaatkan oleh peretas untuk menyerang Google. Namun Microsoft menegaskan, cacat terbaru ini tidak ada hubungannya dengan hal itu.

————————————————————————————————————————————-

Bagaimana pendapat anda tentang informasi di atas ? kalau saya melihat ada 2 “kemungkinan” yang bisa saja terjadi.

  1. Boleh jadi secara fakta ini adalah kecerobohan Microsoft yang mengeluarkan IE tanpa menguji sisi securitynya.
  2. Atau saya curiga ini hanya akal-akalan Microsoft untuk mengakali pengguna Windows XP Home/Proffesional dan versi2 sebelumnya untuk mengupgrade ke versi yang terbaru yaitu Windows 7, Kelihatan banget strategi marketing Microsoft untuk memaksa dan tidak memberi pilihan lain pengguna windows kecuali untuk upgrade. sudah beli mahal2 eh ternyata OSnya gak secure. Bisa dibayangkan berapa besar duit yang harus dikeluarkan untuk membeli software Windows 7 yang dibanderol antara  Rp. 1.200.000-1.900.000, buat pengguna pribadi mugkin gak masalah, tetapi untuk skala perusahaan pasti lain cerita.

Nah, saya ingin bertanya kepada anda : Apakah anda mau terus-menerus merogoh kocek setiap kali Microsoft mengeluarkan versi Windows terbarunya disebabkan windows lama yang sedang anda pakai ternyata tidak secure/aman, dan tidak lagi mendapatkan support/update/patch dari Microsoft ?

Kalau saya pribadi “Ogah ah”, masa anggaran software mulu yang harus diperhatikan, sementara kebutuhan2 lain masih banyak yang belum terpenuhi. Mending duitnya dialokasikan aja buat cicilan rumah….hahahahaha !

Alternatif lain pakai yang bajakan aja terus ? No way… sekarang aparat polisi dan BSA meningkatkan razia di mana-mana, entah itu di perusahan maupun di Cafe Hotspot, bahkan ruang gerak pengguna bajakan makin dipersempit degan adanya pemeriksaan Laptop di setiap bandara2 Internasional di indonesia. Kalau beberapa tahun lalu pengguna software bajakan boleh2 saja merasa aman dan cuek, tetapi sekarang zaman sudah berubah, kalau gak percaya silahkan nongkrong di Hotspot2/Warkop penyedia Internet kalau mau membuktikan !!!

Cepat atau lambat, suka atau benci, enggan atau mau… anda akan kedapatan oleh aparat.

Trus solusinya apa kalau duit gak punya ? Oke kalau gak punya duit silahkan gunakan OS Free Open Source semacam Linux yang memiliki banyak varian distro yang handal dan mampu menyaingi bahkan melebihi kehebatan produk Microsoft, saya sarankan silahkan coba2 dulu memakai Linux dan buktikan sendiri kalau Linux itu mudah, userfriendly, dan semua kalangan bisa memakainya.

Pesan : Jangan terlalu cepat mengklaim tentang sesuatu itu buruk kalau anda belum pernah mencobanya sendiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: